MENGENAL MAKANAN



Makanan yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari sebaiknya mengandung zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh. zat-zat makanan tersebut sangat penting bagi tubuh karena berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, serta mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh kita.


Hidangan yang baik tidaklah cukup hanya mengandung zat - zat gizi, tetapi harus juga dibuat terlihat menarik dan mempunyai rasa yang enak bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu, pada proses pengolahan ditambahkan jenis bahan tambahan yang lebih kita kenal dengan bumbu. Bumbu yang sering kita temui sangatlah bermacam. Ada bumbu yang bersifat alami, seperti pewarna (kunyit dan daun suji), pemanis (gula), pemberi rasa (jeruk dan cabai), atau pemberi aroma (pandan, lada dan vanili).


Selain bumbu yang alami, ada juga yang bersifat tidak alami kita mengenalnya dengan istilah Bumbu Sintesis atau Zat aditif makanan. Selain berfungsi sebagai bumbu ada juga zat aditif makanan yang berfungsi sebagai pengawet. Zat ini biasanya ditambahkan dalam makanan pada waktu pengolahan, pengepakan, penyimpanan, atau pengangkutan, sehingga dapat menimbulkan aspek tertentu dalam makanan tersebut.


Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya zat aditif makanan itu pada umumnya bersifat asing bagi tubuh kita. Penggunaan yang berlebihan akan menimbulkan pengaruh yang kurang baik. Oleh karena itu, penggunaannya tidak boleh secara sembarangan dan usahakan yang telah direkomedasikan / disetujui oleh pemerintah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar